Jenis-Jenis Aki Battery untuk Alat Berat

Jenis-Jenis Aki Battery untuk Alat Berat

Terlepas dari sudah dikenal banyak orang, tak sedikit yang belum mengetahui bahwa pemilihan aki tidak berdasarkan pada kualitas saja, pada banyak yang asal ketika akan membeli jenis-jenis aki alat berat. Bahkan, ada yang tidak memperhatikan merek dan hanya langsung pasang.

Aki dapat disebut sebagai komponen penting dalam sebuah kendaraan, namun tak hanya untuk kendaraan bermotor seperti sepeda motor dan mobil, tetapi juga jenis alat-alat berat. Suplai listrik yang dipasok oleh aki tentu juga lebih besar ketimbang untuk kendaraan bermotor.

Jenis Alat Berat

Sebelum mengetahui beragam jenis alat berat, perlu diketahui kendaraan seperti apa yang termasuk dalam kategori alat berat. Berikut inilah beberapa mobil atau kendaraan alat berat yang mengandalkan aki dalam proses penggunaannya.

Traktor merupakan salah satu jenis alat berat yang paling banyak digunakan dalam beragam industri. Jenis yang satu ini termasuk fungsional, karena dapat digunakan untuk mengangkut beban yang berat pula.

Sistem kerja traktor dapat dibilang unik karena mampu mengubah energi mesin menjadi mekanik. Sehingga, kekuatan besaryang dihasilkan digunakan untuk mendorong atau menarik sesuatu yang juga membutuhkan tenaga besar.

Dalam menghasilkan tenaga besar tersebut diperlukan juga energi untuk mendorong tenaga tersebut keluar, inilah fungsi vital aki yang digunakan pada alat berat tersebut. Aki berpengaruh para asupan listrik yang stabil.

Listrik yang stabil ini diperlukan guna memastikan traktor dapat bekerja dengan baik atau bahkan lebih baik lagi. Selain traktor, berikut ini beberapa jenis alat berat yang penggunaannya juga memakai aki.

  • Buldozer.
  • Ripper.
  • Scrapper.
  • Motor graders.
  • Loader.

Jenis-jenis Aki Alat Berat

  1. Aki Yuasa
    Yuasa menggunakan mesin pembuat serbuk timah hitam yang otomatis, modern dan memiliki kapasitas besar, mesin tersebut mampu menghasilkan serbuk timah hitam terhalus dan berkualitas tinggi sebagai bahan dasar untuk membuat pelat-pelat pada aki.

    Baca juga: Harga Aki Yuasa

    Aki yang satu ini dibuat khusus untuk kendaraan alat-alat berat, memiliki desain dengan plate yang lebih tebal sehingga sangat tahan dari guncangan dan memiliki daya cranking yang lebih tinggi dari jenis aki konvensional. Aki ini bisa disimpan lebih dari 12 sesuai jaminan kualitas yang diberikan.

  1. Aki Fleet
    Aki fleet menjadi primadona dan sering diandalkan oleh masyarakat, tidak hanya kualitas mumpuni yang ditawarkan oleh aki ini. Tetapi, produk yang satu ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau dan murah bagi masyarakat bahkan untuk bidang industri.

    Baca juga: Harga Aki Delkor

    Karena fungsinya, aki memiliki peran yang sangat vital, contohnya ketika digunakan pada kendaraan bermesin motor seperti kendaraan roda dua (motor) dan atau mobil. Tetapi juga menjadi andalan dalam bidang industri seperti alat-alat berat.

  1. Aki Deep-Cycle
    Termasuk jenis aki marine yang pada dasarnya digunakan untuk aplikasi yang sangat kecil dan terbilang sederhana, biasanya diterapkan di perkemahan dan sebuah kapal layar. Tetapi, aki ini juga bisa diterapkan dalam salah satu jenis alat berat seperti buldozer.
  1. Aki Lead Acid
    Lead Acid adalah jenis aki yang berkepingan internal dengan bentuk yang tebal, biasanya digunakan oleh industri-indurstri berat. Biasanya yang paling kerap digunakan adalah Aki Trojan, Surrette dan Deka, jenis aki ini bisa bertahan lama sampai bertahun-tahun.

Beberapa contoh diatas merupakan sedikit dari beberapa jenis-jenis aki alat berat yang biasa digunakan untuk kebutuhan dunia industri. Tak hanya tangguh dalam penggunaan, namun aki-aki tersebut juga bisa digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Baca juga: Harga Aki GS Astra

Demikian informasi mengenai Jenis-Jenis Aki Battery untuk Alat Berat yang kurang lebihnya dapat dijadikan bahan informasi yang bermanfaat bagi kita semua, dari kami sebagai pusat penjualan aki mobil

Berapa Umur Aki Mobil Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil

Berapa Umur Aki Mobil Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil

Aki mobil yaitu sebagai sumber kelistrikan yang merupakan salah satu komponen paling vital, karena perannya sangat penting dan mobil-mobil saat ini telah menggunakan injeksi dan juga komputerisasi yang menggantungkan arus searah (DC).  Agar kondisi umur aki mobil menjadi lebih awet, maka Anda harus melakukan perawatan yang benar, bahkan perlu dilakukan servis aki secara berkala.

Dengan dilakukan perawatan yang benar, maka aki dapat berfungsi secara maksimal dan lebih awet. Karena tidak dapat di pungkiri, bagaimana bensin akan dipompakan dari tangki, kemudian bensin tersebut di kabutkan dan bagaimana proses pembakaran di dalam mesin mobil memanfaatkan listrik dari sebuah aki mobil. Sehingga berbicara mengenai aki atau accu, maka peranannya sangat penting.

Berala Lama Umur/Usia aki Mobil dapat Digunakan?

Baterai mobil atau sering disebut juga dengan aki menjadi suatu bagian yang sangat esensial. Karena mulai dari stater mobil sampai dengan sistem lampu yang ada pada mobil tergantung pada aki.  Pada umumnya, aki akan bertahan dalam kondisi stabil sekitar 2 tahun. Namun Anda bisa memperpanjang lebih dari 2 tahun bahkan hingga 5 tahun dengan penggunaan dan perawatan yang tepat.

Berikut ini beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan, agar aki mobil Anda lebih awet:

  1. Jangan menyalakan radio dan AC

    Cukup sederhana, bahwa menyalakan AC (Air Conditioning) dan tape atau radio mobil ketika mesin mobil dalam keadaan mati masih banyak dilakukan oleh banyak orang. Mereka menganggap hal itu wajar, sebab ketika mesin menyala kembali maka energi aki akan terisi kembali. Ternyata anggapan tersebut salah.

    Menggunakan perangkat yang bertenaga listrik pada saat mesin mati dapat berdampak buruk pada aki mobil, aki tersebut bisa mengalami kerusakan lebih cepat. Jadi, mulai sekarang hindari membiasakan menyalakan AC, radio/tape atau perangkat lainnya pada saat mesin mobil dalam keadaan mati.

  1. Bawa mobil untuk jarak jauh

    Di dalam masyarakat kita, tidak jarang orang memiliki mobil lebih dari satu. Ketika hal itu terjadi, maka ada mobil yang hanya terpakir di garasi. Padahal mobil apabila tidak digunakan maka dapat menyebabkan akinya cepat soak.

    Ada baiknya jika mobil secara rutin digunakan untuk perjalanan jarak jauh dengan kecepatan stabil. Karena dapat memperbaiki sistem aki, kenapa? Sebuah alternator, komponen yang berguna untuk melakukan pengisian pada aki akan bekerja lebih maksimal dalam melakukan pengisian pada RPM yang lebih tinggi dengan kisaran 2.000 RPM.

    Baca juga: Harga Aki GS Astra

  1. Aki Mobil Harus Dijaga Kebersihannya

    Pada saat Anda mencuci mobil, maka jangan lupa untuk membersihkan atau menyeka bagian aki. Hal ini memang terlihat sepele, namun jika hal ini Anda lakukan secara rutin maka dapat menjadikan aki menjadi lebih awet. Apabila kotoran dan noda pada aki semakin menumpuk, maka usia baterai juga akan semakin pendek.

    Jika pada aki terdapat noda yang berkerak, maka cara membersihkannya yaitu dengan mencukilnya dengan menggunakan obeng. Namun sebelum melakukan cara ini, Anda harus pastikan bahwa kabel baterai telah dilepas. Pastikan juga bahwa kondisi aki dalam keadaan aman dan tidak kendor pada saat dinyalakan.

    Baca juga: Harga Aki Mobil

  1. Servis Aki Mobil Secara Berkala

    Kondisi mesin mobil yang buruk akan menguras tenaga listrik lebih banyak dari aki. Jika tidak menginginkan aki dan komponennya cepat rusak, maka sebaiknya untuk melakukan servis mobil secara berkala atau menyesuaikan dengan anjuran pabrik.

Selain untuk pengecekan mesin, aki mobil juga akan dicek sehingga kondisi mobil akan tetap terawat dan umur aki mobil juga lebih awet.

Kemajuan Industri Otomotif Dalam Produksi Mobil Manual dan Matic

Kemajuan Industri Otomotif Dalam Produksi Mobil Manual dan Matic

Dunia Otomotif

Dalam penjelasan ini anda akan diajak untuk mengentahui perbedaan teknologi otomotif pada mobil matic dan manual yang memiliki banyak perbedaan terlebih pada pemakaian bahan bakar, sistem operasi, tarnsmisi hingga kenyamanannya.

Kemajuan Industri Otomotif Dalam Produksi Mobil Manual dan Matic

Otomotif menjadi salah satu sektor industri yang terus berkembang. Hal ini bisa dilihat dari perkembangan teknologi otomotif dari masa ke masa. Khususnya dalam bidang transportasi, bidang ini selalu menemukan solusi yang lebih efisien, lebih mudah, dan lebih hemat.  Salah satunya adalah dalam perkembangan teknologi mobil.

Di banyak negara, mobil menjadi transportasi yang utama. Indonesia pun menjadi salah satu negara dengan pasar otomotif yang cukup besar di dunia, terutama mobil. Baik mobil matic maupun manual, masih menjadi transportasi idaman tersendiri di negeri ini. Meskipun sama-sama populer, keduanya memiliki banyak perbedaan yang mendasar.

Cek juga untuk kebutuhan battery pada kendaraan anda dengan penawaran harga Aki Yuasa Mobil

Mobil Yang Hemat Bahan Bakar

Dalam memilih jenis mobil, bukan hanya harga yang dipertimbangkan. Namun masalah efisiensi pemakaian BBM juga jadi pertimbangan penting. Dalam hal ini, baik mobil matic maupun manual memiliki kapasitas pemakaian yang berbeda.

Faktanya, mobil manual lebih irit pemakaian BBM dibanding mobil matic atau mobil otomatis. Kenapa bisa demikian? Karena kedua mobil tersebut memakai teknologi otomotif yang berbeda. Pada mobil manual, pengemudi bisa menyesuaikan kebutuhan kecepatan mesin dengan memainkan kopling.  Untuk memindahkan gigi dengan rpm rendah.

Hal tersebut berbeda dengan teknogi mobil matic. Pada jenis mobil ini, pengemudi tidak bisa leluasa mengatur kecepatan mesin. Karenanya, pemakaian BBM lebih boros dan tidak bisa diatur. Jadi, dalam hal pemakaian BBM, mobil manual lebih hemat dibanding mobil matic.

Perawatan Mesin-Mesin Pada Mobil Manual dan Matic

Ketika berbicara tentang mobil dan teknologi otomotif, maka tak akan lepas dari pembahasan soal mesin. Kedua teknologi mobil tersebut memiliki cara perawatan mesin yang berbeda. Jadi agar tetap bisa berkendara dengan aman dan nyaman, kondisi mesin harus selalu dipantau dan juga diperhatikan.

Lihat harga aki Gforce

Pada kasus ini, mobil matic membutuhkan perawatan yang lebih intens dan lebih sering dibandingkan dengan mobil manual. Jika terlambat melakukan pergantian oli, maka mobil jadi tidak nyaman dipakai. Akhirnya, mesin mobil akan lebih cepat rusak. Sedangkan mobil manual, perawatannya lebih mudah dan tak serumit matic ketika merawatnya.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Selain dalam penggunaan BBM dan perawatan mesin, ternyata mobil matic dan manual memiliki banyak perbedaan lainnya. Beberapa hal yang membedakan keduanya adalah :

  • Sistem transmisi
    Pada mobil manual, perpindahan gigi ini dilakukan dengan pedal kopling dan tuas kopling. Sedangkan pada matic, mereka memakai alat yang disebut dengan gear box. Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, mobil matic ini memiliki jenis transmisi yang berbeda-beda, seperti :
  • Transmisi semi otomatis
  • Transmisi otomatis
  • Transmisi otomatis elektronik
  • Sequential manual
  • Double clutch gearbox
  • Sistem operasi mobil
    Pada mobil manual, untuk operasinya, kaki kiri digunakan sebagai penekan kopling. Sedangkan kaki kanan dipakaia untuk rem dan gas. Tangan krii pengemudi juga harus selalu aktif untuk pemindahan gigi sewaktu-waktu jika diperlukan.Hal berbeda ditemui pada operasi mobil matic. Bisa dikatakan, mengendarai mobil ini lebih mudah dan praktis. Pada mobil ini, hanya kaki kanan pengemudi yang bergerak aktif untuk pedal gas dan rem.

Perbedaan hal di atas membuat matic dianggap lebih nyaman dkendarai dibanding manual. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena semuanya tergantung dengan pengendaranya. Bagi yang sudah terbiasa dengan mobil manuai, memakainya lebih mudah dari matic. Terlebih untuk jalan yang  menanjak, mobil manual dianggap lebih nyaman dipakai.

Cara Gampang Kenali Aki Mobil dan Motor Asli Atau Palsu

Cara Gampang Kenali Aki Mobil dan Motor Asli Atau Palsu

Cara Mudah Membedakan Aki Ori dan Palsu

Aki adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah mobil maupun motor. Maka, dalam memiihnya, pastikan mendapatkan yang terbaik. Bukan hanya merk aki yang penting dalam hal ini. Namun, perhatikan pula bahwa aki yang dibeli tersebut ori. Karena membedakan aki ori dan palsu susah-susah gampang.

Materi tambahan kami ini adalah bagian dari pelengkap untuk penawaran harga aki mobil yang kami jual, dan tentunya semua aki mobil yang kami sediakan dijamin original dan tiada dusta diantara anda dan kami sebagai penjual

Jika tak teliti saat membeli, bisasaja barang yang kita dapatkan tersebut adalah palsu. Hal ini bukanlah masalah yang baru. Belakangan, pasar otomotif terdapat isu bahwa kini banyak aki palsu yang beredar.

Beberapa merk berhasil dipalsu, seperti Yuasa dan GS, merupakan merk aki yang paling banyak dipakai masyarakat. Maka tak heran jika beberapa oknum memanfaatkan situasi ini untuk mebuat aki palsu dengan merk tersebut.

Baca juga: Harga Aki Mobil Yuasa

Aki palsu ini biasanya lebih murah, maka bukan hanya konsumen yang dirugikan. Pihak perusahaan pembuat aki pun juga akan dirugikan dengan adanya aki kloningan tersebut.

Maka bagi konsumen harus pintar dalam membedakan aki ori dan palsu. Dengan demikian, maka aki yang dibeli sudah pasti berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

 Inilah Cara Membedakan Aki Ori dan Palsu

Ada banyak cara membedakan aki ori dan palsu. Khususnya untuk merk tertentu, seperti Yuasa dan GS Astra. Keduanya adalah yang paling banyak dipalsukan. Maka telitilah sebelum membeli. Perhatikan beberapa tips dalam memilihnya berikut ini:

  1. Perhatikan stikernya
    Dalam setiap wadah aki pasti tertera tulisan perusahaan dan merk dari aki mobil yang dibeli. Perhatiakn stiker tulisan tersebut. Pastikan stiker mengandung logo dengan merk yang kita ingin beli.

    Untuk GS Astra, sticker yang benar dan menunjukkan produk asli akan bertuliskan GS didistribusikan oleh Astra Otoparts. Hal ini terlihat sepele, namun menjadi cara mudah membedakan aki ori dan palsu.

    Jika merasa ragu akan aki yang dibeli apakah asli atau palsu, beberapa perusahaan menyediakan layanan untuk konsumen mereka. Untuk GS Astra, ada GS Astra Smart yang membbantu setiap konsumen untuk mendapatkan aki asli di tempat yang direkomendasikan dan dengan cara yang mudah.

    Informasi dari perusahan maupun bengkel sangat penting bagi konsumen dan pengguna aki. Karena penduduk Indonesia pada umumnya kurang begitu paham bagaimana membedakan aki ori dan palsu. Dengan informasi yang benar dari kedua belah pihak maka bisa membantu setiap konsumen untuk mendapatkan produk terbaik dan tentunya asli.

  2. Pilihlah outlet resmi aki
    Ada beberapa perusahaan yang mendistribusikan produk aki mereka pada outlet terpercaya. di sinilah kita bisa membeli aki ori tanpa takut akan mendapatkan produk yang palsu. Inilah cara termudah mendapatkan yang ori tanpa perlu membedakan aki ori dan palsu.

    Hal ini sangat direkomendasikan, apalagi untuk masyarakat yang kurang begitu paham akan dunia otomotif dan seluk beluk aki. Jika merasa takut untuk membeli aki karena bisa jadi dapat barang palsu, membeli di tempat ini adalah pilihan terbaiknya.

  3. Lihat kode produksi
    Untuk merk aki GS Astra, kode produksi untuk aki asli ada di pojok. Sedangkan untuk aki GS palsu ada di tengah. Hal sekecil inipun harus diketahui dan diperhatikan ketika membeli aki. Jadi jangan cuma memperhatikan merk akinya saja.

    Membedakan aki ori dan palsu dengan cara ini harus dengan teliti. Karena tak jarang ketika sudah mendapatkan aki dengan merk GS, maka banyak yang tak mau meneliti lebih lanjut apakah ini aki asli atau tidak.

  4. Perhatikan harga
    Aki asli memiliki harga yang standar. Sedangkan aki palsu memiliki harga yang lebih murah. Meksi lebih murah, namun jangan sampai tergiur. Karena aki palsu memiliki umur yang tak sebaik aki palsu. Banyak kasus, mereka yang memakai aki palsu, cepat sekali soak dan pada akhirnya harus menggantinya dengan yang baru lagi. Kalau begitu malah akan lebih boros.

    Pilihan terbaiknya adalah membeli aki asli sejak awal. Hal ini juga akan membuat mobil bekerja lebih baik dan terawat. Aki mobil ori memiliki ampere dan juga standar komponen sesuai dengan kebutuhan mobil.

  5. Jangan beli di tempat sembarangan
    Belilah aki mobil di tempat yang terpercaya. Dengan demikian, maka tak akan ragu lagi akan mendapatkan aki yang palsu. Semuanya sudah dijamin di bengkel dan toko terpercaya.

    Jika kurang mengerti tentang aki dan cara membedakan aki ori dan palsu, maka ketika membeli, ajaklah teman yang bisa memberikan rekomendasi terbaik. Jika tidak mau repot, maka pilihlah bengkel atau toko aki yang resmi sebagai distributor aki terpercaya. Meski harganya bisa lebih mahal, namun kualitas dan performanya sudah terjamin.

Terkadang, membedakan aki ori dan palsu bukanlah hal yang mduah. Secara fisik, keduanya sangat mirip. Maka butuh ketelitian saat membelinya. Tanyakan pula pada pemiik toko dan juga bengkel apakah aki yang akan akan dibeli benar-benar asli dan bukan abal-abal.

Lihat juga penawaran lain jenis atau merek aki INCOE pada laman harga aki INCOE

Itulah 5 cara membedakan aki ori dan palsu. Teliti sebelum membeli adalah hal wajib untuk memastikan bahwa mobil maupun motor yang kita miliki tetap bisa bekerja dengan performa terbaik. Mengingat pentingnya aki, maka memilih yang asli sangat direkomendasikan.

Inilah 5 Jenis Mobil Mewah yang Populer di Indonesia

Inilah 5 Jenis Mobil Mewah yang Populer di Indonesia

Mobil Mewah

Ada banyak sekali jenis dan tipe mobil. Semua digolongkan berdasarkan fungsi, body, hingga harganya. Saat ini ada beberapa jenis mobil dari brand tertentu yang mendapat gelar sebagai jenis mobil mewah. Indonesia sendiri sudah menjadi pasar strategis untuk produk ini.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mobil mewah, maka berikut ini ada 5 jenis mobil mewah yang banyak dikenal dan populer di Indonesia. Merk mobil ini didominasi mobil dari negara-negara Eropa yang dikenal dengan kemewahan rancangan mobilnya. Selain itu dilengkapi pula dengan mesin yang tangguh.

Mengenal 5 Jenis Mobil Mewah yang Beredar di Indonesia

  1. Ferrari
    Inilah salah satu mobil mewah nan mahal yang sudah beredar di Indonesia. Memiliki mobil ini menunjukkan gaya hidup pemiiknya yang termasuk kalangan menengah ke atas.  Ada banyak keluaran brand Ferrari yang terkenal mahal dan mewah. Salah satu jenis mobil mewah dari brand ini adalah Ferrari California T 2015.Mobil ini bisa dibilang sebagai mobil termahal yang ada di Indonesia. Jenis mobil ini adalah mobil sport dengan bandrol harga sekitar Rp. 8,9 Miliar. Bukan hanya body yang mewah dan bagus. Mobil ini juag memiliki mesin yang menghasilkan kecepatan 100km/jam dalam waktu 3,6 detik saja.
  2. Chevrolet
    Mobil mewah bukan hanya untuk dikendarai. Namun para kolektor juga membeli jenis mobil mewah untuk koleksi maupun investasi. Dimana bukan hanya bodynya saja yang dijaga agar tetap mulus, namun juga performa mesin dan elemn di dalam mobil juga diperhatikan dan dirawat meskipun jarang dipakai.

    Liat penawaran aki mobil di laman harga aki gs astra

    Jika perawatan komponen dalam mobil termasuk aki dijaga, maka performa mobil akan bagus. Seperti halnya mobil sport keluaran Chervrolet yang banyak diburu para kolektor mobil mewah.

    Dari banyak jenis mobil mewah dari Chevrolet, jenis Camaro RS adalah yang paling banyak diburu yang keluar tahun 2015 lalu. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan mobil mewah ini. Salah satunya adalah memiliki tipe mesin V8 dengan 455 tenaga kuda. Tentunya membuat kendaraan ini semakin mantap untuk dijajal berkendara.

  3. Lamborgini
    Inilah salah satu jenis mobil mewah yang banyak dimiliki para selebriti Indonesia. Tipe Lamborgini Aventador adalah salah satu yang terbaik dan populer di kalangan penggemar mobil mewah Indonesia.Dari sisi body, mobil asal Italy ini memang sangat mewah dan juga elegan. Jadi wajar saja jika harganya sangat mahal hingga belasan miliar rupiah. Tampilannya juga didukung pula dengan mesin yang mampu melaju dengan kecepatan 370 km/jam.
  4. Porsche
    Jenis mobil mewah Porche tidaklah semahal brand mobil mewah di atas. Untuk Porsche Macan 2.0 harganya tidak sampai 2 miliar rupiah. Tampilannya cukup sporty dengan laju maksimul mobil hingga 223 km/jam. Interiornya pun juga dirancang dengan mewah dan juga nyaman. Maka tak heran jika banyak yang memburu salah satu jenis mobil mewah ini.
  5. Mercedes Benz
    Inilah salah satu dari 5 jenis mobil mewah yang ada di Indonesia. Setiap produk keluaran brand ini selalu mencerminkan kemewahan. Hingga masyarakat kelas atas akan sangat suka mengoleksi jenis mobil ini.

    Lihat juga kebutuhan aki untuk mobil mercedes ini di laman daftar harga aki mobil

    Bukan hanya tampil mewah dalam tampilan, namun juga mampu menyajikan kenyamanan saat mengendarai mobil ini. Dengan tampilan mobil yang elegan dan berkelas ini, Mercedes Benz juag bisa dipakai untuk kebut-kebutan di jalan raya dengan mesin berkekuatan 329 tenaga kuda. Pastinya membuat siapa saja ingin mengoleksi mobil ini.

    Gayanya yang bukan mobil sporty tidak membuatnya mau kalah dari segi kecepatan dan kekuatan mesinnya. Karena mobil ini bukan hanya memprioritaskan pada kenyamanan, namun juga menjawab keinginan pemilik mobil untuk menjajal tantangan berkendara dengan lebih cepat.

Itulah 5 jenis mobil mewah yang populer di Indonesia. Masing-masing brand di atas tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, bahkan penduduk dunia.

Memang, bukan hanya jenis mobil mewah yang disukai. Mobil dijual berdasarkan  pasar dan menyesuaikan harga. Untuk jenis mobil mewah kelebihannya adalah pada perangkat alat-alat kelistrikan di dalamnya. Selain itu ada pula keunggulan dalam desain interior dan juga eksteriornya.

Pada beberapa penggunaan komponen mobil, seperti aki, baik mobil mewah maupun mobil standar memakai komponen yang sama. Namun bagi yang sangat care terhdap kondisi dan performa mobil yang dimiliki, harus memilih jenis aki yang terbaik. Tanpa adanya aki yang performanya bagus, maka perangkat kelistrikan dan juga perangkat canggih dalam mobil tak akan bisa bekerja dengan baik.

Baca juga kebutuhan produk aki merek lain yaitu harga aki Gforce

Untuk bisa memastikan mobil melaju dengan fit, maka perhatikan setiap elemen kecil dalam mobil. Kerusakan yang terjadi, pada aki misalnya bisa membuat mobil tak maksimal dalam bekerja. Karena saat ini mobil sudah sangat tergantung pada keberadaan arus listrik yang disediakan oleh aki.

Saat membeli mobil mewah ini pun juga jangan sungkan untuk menanyakan tips perawatannay. Bukan hanya soal bodinya saja. Namun juga tanyakan tentang merawat mesin, aki, hingga alat-alat dalam mobil yang termasuk pada aksesori mobil. Dengan demikian, segala perangkat yang ada  di dalam mobil mewah tersebut dapat memberikan funsgi dan peran yang maksimal bagi yang memakainya.

Begini Cara Perawatan Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

Begini Cara Perawatan Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

Perawatan Aki Mobil

Seiring dengan perkembangan jaman, mobil menjadi barang yang penting. Kendaraan ini membantu mobilitas banyak orang untuk memenuhi segala kebutuhannya. Khususnya di perkotaan, penggunaan mobil sangatlah lazim. Maka, untuk menjaga performanya, mobil haruslah dirawat.

Banyak komponen penting di dalamnya yang tak boleh luput dari pengawasan. Salah satunya adalah aki mobil. Maka perawatan aki mobil adalah hal yang harus diketahui bagi yang memiliki kendaraan ini.

Jika tidak menerapkan cara merawat mobil maupun akinya dengan benar, maka resiko mobil rusak lebih cepat bisa terjadi. Untuk memahami persoalan ini, maka akan dijabarkan ulasan mengenai pentingnya merawat aki mobil serta bagaimana cara-caranya perawatan aki mobil yang benar.

Pentingnya Perawatan Aki Mobil

Merawat aki sangatlah penting. Bahkan bisa dikatakan sebgaai hal wjaib yang harus dilakukan oleh semua pemilik mobil, baik laki-laki maupun perempuan. Jika terlanjur rusak karena telat dalam perawatannya, maka akibatnya bisa fatal dimana mobil bisa saja mogok lantaran tegangan listriknya terputus.

Inilah beberapa peran dan pentingny perawatan aki mobil. Kenapa harus rutin merawat aki mobil dan kendaraan lain pada umumnya? Inilah alasan merawat aki mobil secara rutin dan berkala:

  • Aki bekerja sebagai alat untuk memasok arus listrik untuk stater mesin kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor.
  • Sebagai sumber daya untuk penerangan, menghidupkan berbagai aksesori mobil, menghidupkan tape dan alarm sebagai contohnya.
  • Sebagai pen-stabil tegangan kendaraan.
  • Memback up alternator jika suatu saat tidak mampu lagi memenuhi kelebihan beban listrik pada mobil.
  • Bagi mobil model ECU keluaran terbaru, aki lebih komplek lagi fungsinya, yaitu sebagai sumber arus listrik untuk sistem jalannya operasional dengan komputer. Jika aki tak dapat menyiplai listrik, maka seluruh sistem pada mobil bisa tidak berjalan.

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa perawatan aki mobil sangatlah penting. Pastikan bahwa aki mobil dalam keadaan prima sebelum dipakai berkendara, khususnya untuk perjalanan jarak jauh, seperti mudik ke kampung halaman.

Jenis-Jenis Aki dan Perawatan Aki Mobil

Jenis aki bukan hanya dibedakan dalam dua jenis, aki basah dan aki kering. Ada pula pengelompokan jenis aki untuk mobil. Masing-masing memiliki cara perawatan yang berbeda, yaitu:

  • Aki premium
    Disebut juga aki konvensional. Jenis aki ini butuh perawatan khusus dengan penambahan air aki secara teratur. Jika sampai kehabisan air aki, maka mobil bisa bermasalah. Untuk jenis aki ini, pelat posistif dan negatifnya memakai kandungan timbal berupa PbSb dan PbSb.

    Jenis aki ini yang paling banyak ditemui dan digunakan mobil-mobil di Indonesia. Perawatan aki mobil ini juga cukup mudah, namun harus secara berkala.

  • Aki hybrid
    Aki hybrid adalah jenis aki yang termasuk low maintenance.  Untuk perawatan aki mobil ini lebih rendah jika dibanding beberapa aki lainnya. Hal ini disebabkan oleh laju penguapan air yang lebih rendah sehingga mempengaruhi laju kehilangan arus listriknya juga.
    Untuk pelat positif dan negaifnya, aki hybrid memakai kandungan timbal PbSb dan PbCa. Beberapa kendaraan memakai aki ini, seperti mobil Brand Toyota keluaran terbarunya.
  • Aki MF
    MF di sini diartikan sebagai maintenance free. Maksudnya, aki ini tidak butuh perawatan. Kenapa bisa begitu? Karena laju penguapan yang terjadi sangat rendah. Begitu juga laju kehilangan arus listriknya. Jadi, bagi mobil yang memakai aki ini cukup bisa berhemat karena tak butuh perawatan secara berkala seperti aki konvensional maupun aki hybrid.

    Lihat juga penawaran harga aki GS Astra MF

Untuk pelat positif dan negatifnya, memakai timbal PbCa dan PbCa.

Dari masing-masing jenis aki tersebut, masing-masing membutuhkan perawatan aki mobil yang berbeda pula. Harganya pun juga berbeda. Untuk aki MF, harganya tentu lebih mahal dibanding dengan aki konvensional. Namun Anda bisa mendapatkan banyak manfaatnya yang tak didapat dari aki jenis lain.

Tips Perawatan Aki Mobil

Merawat aki memang wajib hukumnya untuk memastikan bahwa mobil tetap prima. Kurang perawatan bisa membuat mobil lebih banyak bermasalah. Untuk itu, beberapa tips perawatan aki mobil ini diharapkan bisa membantu:

  • Matikan komponen yang membutuhkan daya listrik saat mesin mati
    Merawat aki mobil bisa dilakukan dengan pemakaian listrik yang teratur dan benar. Ketika sedang tidak berkendara, maka komponen mobil yang butuh daya listrik harus dimatikan sebelum mesin mobil dimatikan. Tujuannya agar muatan listrik di dalam aki tidak berkurang.
  • Panaskan mesin kendaraan sebelum dipakai melaju
    Perawatan aki mobil selanjutnya ialah dengan memanaskan mesin mobil sebelum dipakai. Hal ini kelihatan sepele namun jika diabaikan maka akibatnya aki mobil bisa lebih pendek umurnya.

    Baca juga penawaran harga aki GForce

  • Rutin memeriksa air aki
    Untuk aki konvensional, kita harus rajin mengecek level air aki. Perhatikan permukaan air aki. Pertahankan antara batas atas dan batas bawah. Setidaknya periksa satu bulan sekali. Ketika sudah berada di batas bawah, air aki harus segera diisi. Jika terlambat maka aki bisa rusak. Selanjutnya akan ada biaya penggantian aki yang lebih besar daripada biaya perawatannya.
  • Periksa terminal aki mobil
    Terminal aki yang kendor atau berkarat bisa mempengaruhi kinerjanya. Bahkan akibatnya bisa fatal berupa munculnya ledakan pada aki. Kuatkan terminal aki jika kendor, bisa dilakukan sendiri tanpa membawanya ke bengkel. Jika terdapat karat, maka bersihkan dengan sikat kawat.

Itulah beberapa tips perawatan aki mobil yang benar. Tanpa harus keluar banyak uang ke bengkel, agar aki awet, perawatannya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Begini Tips Memilih Bengkel Aki yang Benar

Begini Tips Memilih Bengkel Aki yang Benar

Tips Memilih Bengkel Aki yang Benar

Untuk bisa berkendara dengan nyaman dan aman, maka kita harus memastikan bahwa semua komponen dalam mobil dalam perawatan yang baik. Aki adalah salah satu komponen dalam kendaraan yang tak boleh luput dari perhatian. Baik untuk motor maupun mobil, memilih bengkel aki yang benar adalah langkah pertama untuk membuat kinerja aki tetap prima.

Terlebih bagi aki basah konvensional, maka perawatan aki akan lebih rumit. Perawatan ini mulai dari pengecekan cairan asalm sulfat hingga pengecekan seluruh komponen aki sudah dalam kondisi yang sempurna.

Materi ini sebagai pelengkap semua penawaran harga aki mobil yang kami jual, dan tidak hanya pada kendaraan roda empat, kami juga menjual kebutuhan aki untuk industri

Pentingnya Memilih Bengkel Aki Yang Benar

Jika aki sampai terabaikan dan rusak, maka kita akan mengeluarkan biaya lebih untuk membeli yang baru. Maka memilih bengkel aki yang benar haruslah di tempat yang terpercaya. Bukan hanya tempat memasang aki dan perawatannya, namun merk aki sendiri juga harus dipilih yang terbaik. Hal ini penting untuk memastikan mobil maupun motor kepunyaan kita tetap bekerja dengan fit tanpa kendala.

Aki menjadi komponen penting untuk menyalakan mesin mobil. Jadi, perawatannya dan pemiihan merk aki snagat penting. Berikut ini ada beberapa tips untuk memilih bengkel aki yang benar. Tentunya bisa membantu dalam menyediakan perawatan terbaik untuk aki yang kita miliki:

  1. Pilih bengkel mobil yang terpercaya
    Ini adalah tips pertama. Baik untuk memasang maupun merawat aki mobil, pilihlah bengkel yang terpercaya. Dengan tenaga kerja profesional, maka akan mampu mengerjakan setiap pekerjaan dengan teliti dan benar.

    Peralatan yang dipakai juga harus mencukupi. Karena berbeda dengan bengkel motor, bengkel mobil akan lebih kompleks seluruh peralatan dan juga kinerjanya.

  2. Jangan membeli aki mobil yang rekondisi (tidak menjadi patokan utama)
    Ada bengkel yang menjual aki mobil rekondisi. Artinya, aki ini adalah hasil tukar tambah aki baru dan aki bekas. Maka, untuk memilih bengkel aki yang benar, jangan memilih jenis aki ini.
    Takutnya, performa aki sudah tidak baik lagi dan tak bisa bekerja dengan maksimal.

    Jika begitu, maka mobil bisa saja mengalami mogok sewaktu-waktu lantaran aki tak bekerja sempurna. Usahakan membeli yang baru di toko atau bengkel mobil terpercaya. Pasang dengan benar dan pastikan teratur dalam mengecek keadaan aki. Khususnya jika akan dipakai untuk perjalanan jauh.

  3. Pilih yang memberikan garansi
    Tips memilih bengkel aki yang benar selanjutnya adalah yang memberikan garansi. Hal ini sangat penting lantaran aki barupun bisa saja mengalami cacat. Maka sebelum membeli, tanyakan dulu pada pihak toko atau bengkel apakah ada garansi yang disediakan untuk pembelian aki tersebut.

    Jika dirasa perlu buatlah kesepakatan untuk menyatakan bahwa jika terjadi kerusakan pada aki, maka pihak toko atau bengkel bersedia untuk menggantinya yang baru. Meski terlihat sepele, namun hal ini mampu memberikan jaminan bagi pelanggan akan layanan terbaik.

  4. Pandai memilih merk aki mobil
    Memilih merk aki mobil tak kalah pentingnya dari beberapa tips di atas. Ada banyak sekali jenis dan merk aki mobil. Ada Yuasa, Delkor, Amaron, Global, GS, Hyundai, Dryfit, dan banyak lagi yang lainnya.
  5. Perhatikan tanggal produksi aki mobil
    Pada aki tertentu, seperti aki kering, maka harus dipastikan tanggal produksinya. Hal ini tak boleh luput ketika memilih untuk membeli aki maintenance free atau MF, serta aki hybrid.
    Pastikan bahwa tanggal produksi tidak lebih dari 6 bulan saat kita membelinya.

    Lihat Juga Penawaran terbaik dari kami untuk kebutuhan aki mobil di laman harga aki GS Astra

    Kenapa demikian? Karena masa pakai untuk kedua jenis aki tersebut adalah 1,5 tahun hingga 2 tahun. Maka, untuk mendapatkan aki yang penggunaannya lebih lama, pilih yang tanggal produksinya tidaklah terlalu lama dari tanggal kita membeli aki.

  6. Aki mobil sesuai dengan standar mobil
    Cara memilih bengkel aki yang benar haruslah yang memberikan rekomendasi terbaik untuk aki mobil kita. Aki untuk mobil lebih baik jika dipilih yang sesuai dengan tipe mobil yang dimiliki. Karena mobil tertentu harus dipakaikan aki sesuai standar mobil bawaan.
    Upgrade bisa dilakukan. Namun harus memperhatikan voltage nya sama dengan kenaikan ampere aki, yaitu tidak lebih dari 15% dari ampere pada standar mobil yang dimiliki.

Untuk memilih yang terbaik, bisa konsultasikan dulu pada pihak bengkel atau toko. Jenis mobil tertentu bisa jadi lebih tepat memakai jenis aki tertentu.

Itulah 6 tips dalam memilih bengkel aki yang benar. Jika diterapkan, maka bisa lebih menjamin akan sempurnanya performa aki mobil. Lebih lanjut, bisa mendukung segala kegiatan dan mobilitas dengan mobil yang dimiliki.

Baca juga informasi mengenai harga aki Yuasa

Aki yang baik akan membuat mesin bekerja dengan baik pula. Segala komponen kelistrikan juga akan bekerja optimal dengan pemilihan aki maupun perawatan yang benar.

Selanjutnya, untuk perawatan, maka bisa dilakukan sendiri di rumah. Atau bisa pula dilakukan di bengkel mobil untuk lebih mantapnya. Perawatan rutin yang wajib dilakukan adalah mengecek cairan aki untuk tidak boleh kurang dari standart.

Pengecekan ini khsusus untuk aki konvensional.Sedangkan untuk aki MF, maka perhatikan masa pakainya. Jika sudah saatnya ganti, maka segeralah untuk dibawa ke bengkel mobil agar dipasang dengan sempurna dan benar.

Bahan-Bahan Pembuatan Aki yang Dipakai di Pabrik

Bahan-Bahan Pembuatan Aki yang Dipakai di Pabrik

Pembuatan Aki

Accumulator dikenal masyarakat dengan sebutan aki. Komponen dalam kendaraan bermotor baik mobil atau sepeda motor ini merupakan komponen utama. Semuanya kendaraan butuh aki untuk menghidupkan  mesin dan menyalakan komponen kelistrikan di dalamnya.

Aki yang sangat penting ini di produksi dalam industri pembuatan baterai. Bahan-bahan pembuatan aki merupakan bahan-bahan kimia yang berbahaya jika mengenai manusia secara langsung. Maka pembuatannya melalui pengawsan dan tahapan proses yang ketat.

Keamanan dan kesehatan sangat penting dan dipertimbangkan dalam industri ini. Maka pembuatan aki tak boleh sembarangan. Dengan prosedur yang tepat dan benar, maka bahan-bahan pembuatan aki bisa disusun sedemikian rupa untuk menjadi satu komponen utuh guna mendukung kinerja kendaraan bermotor.

Sebelum lebih jauh dan mengetahui material untuk membuat aki mobil maupun motor kami menawarkan harga aki mobil yang kami jual disini diantaranya harga aki GS Astra dan juga merek-merek lainnya

Mengenal Bahan-bahan Pembuatan Aki

Industri aki atau baterai basah sudah puluhan tahun yang lalu dibuat untuk mencukupi kebutuhan akan daya listrik kendaraan. Pada industri ini, diperlukan bahan-bahan pembuatan aki berupa logam-logam berat. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Merkuri
  2. Timbal
  3. Nikel
  4. Asam Sulfat
  5. Cadmium

Semua logam dan senyawa di atas sifatnya toksik atau beracun. Untuk tubuh manusia bisa membawa dampak negatif baik untuk kesehatan maupun lingkungan. Maka, untuk rangakaian semua bahan-bahan pembuatan aki dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai syarat yang ditetapkan.

Semua bahan di atas dibutukan untuk pembuatan aki, hingga bisa digunakan untuk menghidupkan mesin kendaraan. Aki mengubah tenaga kimia menjadi tenaga listrik. Dari semua bahan-bahan pembuatan aki, timbal masih dianggap sebagai bahan utama pembuatan aki.

Baca juga info penawaran: Harga aki GForce

Di dalam rangakainnya dikenal jenis elemen yang jadi sumber arus searah atau DC yang diperoleh dari proses kimiawi. Di dalamnya ada elemen sekunder dan primer. Untuk elemen primer sendiri, didalamnya terdapat elemen basah dan elemen kering. Reaksi kimia yang ada dalam elemen ini menciptakan elektron mengalir dari elektroda negatif ke elektroda positif.

Itulah sedikit gambaran tentang cara kerja aki menghasilkan arus listrik dari reaksi-reaksi kimia yang ada dalam komponen aki ini.

Baca juga: harga aki massiv

Rangakaian dan bahan-bahan pembuatan aki bisa menghasilkan jenis aki berbeda. Untuk jenis aki yang paling umum dipakai adalah accumulator timbal. Aki ini dalam rangkaiannya memiliki dua pelat yang dimasukkan ke dalam larutan asam sulfat yang ada dalam bejana yang kuat dan anti pecah.

Komponen dan Bahan-bahan Pembuatan Aki

Di dalam pembuatan aki, kita bukan hanya harus mengenal bahan-bahan pembuatan aki. Kita juga harus mengenal komponen dalam perakitannya. Berikut ini ada beberapa komponen utama dalam rangkaian aki yang sering dipakai:

  • Pelat, adalah salah satu komponen utama dari aki, dipasang dengan kokoh hingga tak akan lepas meski ada getaran atau benturan.
  • Penyeka, dibuat dari bahan khsuus yang bisa tahan akan cairan asam. Dipiih juga dari bahan yang mengandung pori-pori.
  • Kutub, dibuat dari batang-batang. Bahan utamanya adalah dari timah dan antimony.
  • Wadah aki, dari bahan anti pecah dan retak

Itulah beberapa komponen utama dalam sebuah aki atau accumulator yang dipakai sebagai baterai dalam mobil maupun motor. Selain komponen di atas, ada pula sejumlah bahan kimia yang dipakai sebagai bahan-bahan pembuatan aki.

Lihat juga penawaran dari kami di laman harga aki Yuasa

Beberapa diantaranay akan dijelaskan dalam uraian di bawah ini:
  • Timbal, disebut juga dengan logam Pb. Salah satu logam berat ini menjadi salah satu bahan utama dalam industri baterai dan aki. Jenis-jenis  timbal ada beragam. Ada jenis: Gelena, Kerusit, dan Anglesit.
  • Asam sulfat, merupakan cairan asam yang berbahaya jika terkena kulit manusia. Jenis bahan kimia ini adalah salah satu bahan-bahan pembuatan aki yang utama.
  • Merkuri, dikenal juga dengan air raksa. Warna bahan kimia ini adalah kelabu perak merupakan cairan pada suhu kamar. Sifatnya mudah sekali menguap bila mengalami pemanasan. Meski berguna dalam berbagai industri, namun senyawa ini akan berbahaya jika mengenai manusia secara langsung.
  • Nikel, merupakan salah satu logam berat lainnya yang jadi bahan pembuatan aki yang utama. Warna nikel adalah perak yang bentuknya berupa mineral. Nikel didapat dari biji nikel yang dilebur atau didaur dari besi.
  • Cadmium, salah satu logam berat berwarna putih perak. Bahan ini merupakan produk sampingan dari industri pengecoran seng, dan tembaga cadmium. Bahan ini adalah bahan utama dalam banyak industri, seperti  industri logam, plastik, dan baterai.

Dalam pengolahan bahan-bahan pembuatan aki menjadi sebuah rangkaian aki, maka digunakan tenaga mansuia dan mesin. Alat dan teknologi canggih sudah digunakan di ruangan tertutup hingga kesehatan dan keselamatan pekerja menjadi lebih terjamin untuk menghindari paparan bahan kimia berbahaya di atas.

Dari semua bahan-bahan pembuatan aki di atas, perannya sangat penting. Ditambah lagi dengan komponen aki, maka rangakainnya bisa sempurna dan sesuai dengan standar yang diperlukan dalam pasaran.

Baca juga Harga aki INCOE

Semua prosedur pemilihan bahan hingga pengerjaannya menjadi bagian tak terpisahkan dalam industri. Mengingat kebutuhan akan aki semakin tinggi dengan main meningkat pula jumlah kendaraan yang dipakai masyarakat.

Untuk bisa dipakai dengan baik dan benar dalam urusan sehari-hari, maka aki butuh perawatan secara khusus. Hal ini memungkinkan aki akan bertahan lebih lama dan berumur panjang hingga bertahun-tahun tanpa harus mengganti aki yang baru.

Sejarah Aki Mobil dan Penggunaannya dari Waktu Ke Waktu

Sejarah Aki Mobil dan Penggunaannya dari Waktu Ke Waktu

Perkembangan Aki Mobil dari Waktu Ke Waktu

Aki mobil adalah salah satu jenis baterai. Kini penggunaannya sangat kompleks hampir untuk seluruh elemen kendaraan bermotor. Dalam dunia otomotif, tenaga aki ini digunakan untuk menghidupkan perangkat kelistrikan dalam kendaraan.

Sebelum merek-merek aki dunia, seperti merek yang ada di Indonesia seperti Aki GS Astra, Aki Yuasa, Aki Gforce, Aki Delkor dan lain sebagainya muncul dalam sejarah penemuan terus berkembang dengan perkembangan yang mutakhir

Secara umum, baterai dipakai untuk menyimpan energi kimia yang diubah menjadi energi listrik. Seiring berjalannya waktu, jenis baterai makin berkembang. Sebelum kita memakai aki mobil saat ini, sejarah aki mobil sendiri sangat panjang. Perkembangan ini bisa dilihat dari segi konstruksinya yang berubah.

Untuk yang penasaran bagaimana aki mobil dan motor bisa ada di jaman ini, maka berikut akan dibahas mengenail sejarah aki mobil dan motor dari semenjak baterai ditemukan pertama kali.

Sejarah Aki Mobil

Alat yang konsep kerjanya seperti baterai dipercayai sudah ada sejak jaman Bangsa Persia berkuasa di Baghdad yaitu 250M. Untuk jenis aki maupun baterai yang dikenal sekarang ini, sejarah bermula sejak Alessandro Volta menemukan baterai pertama di dunia. benda ini disebut pula dengan istilah volta pile.

Sejarah aki mobil ini dimulai dari bentuk baterai yang terdiri dari tumpukan cakram dan tembaga. Keduanya berselang-seling dengan kain yang sudah dibasahi. Kain ini basah oleh air garam yang kemudian dipakai sebagai pembatas.

Pada benda tersebut, arus listrik sudah mampu diciptakan secara stabil. Sejarah aki mobil terus berkembang untuk memperbaiki setiap kelemahan yang ada pada produk baterai sebelumnya.

Pada produk baterai milik Alessandro volta, ada beberapa kelemahan yaitu tumpukan volta tersebut bisa membuat air garam keluar dari karton. Selain itu caram logam juga sangat cepat mengalami korosi sehingga kurang efisien untuk digunakan.

Sejarah aki mobil berlanjut hingga tahun 1846 dimana John Frederick Daniell menemukan Sel Daniell. Pada baterai ini, produk tembaga ditempatkan di atas piring. Wadh yang dipakai adalah wadah kaca. Pelat yang sduah ada digantungkan dalam wadah tersebut. Dalam penggunaan stasioner, baterai ini bekerja dengan baik. Meksipun kurang efektif untuk penggunaan senter.

Untuk produk komersial baterai pertama kali diluncurkan tahun 1898 oleh Columbia Dry Cell yang menjual baterai di Amerika Serikat. Perusahaan ini kini memproduksi baterai merk Energizer.

Itulah sejarah aki mobil di mana mengalami perkembangan dari masa ke masa. Hingga akhirnya seiring dengan perkembangan teknologi dan jaman, aki dibuat sedemikian rupa dengan wadah yang anti pecah dan juga cairan asam serta komponen-komponen lainnya.

Sejarah Aki Mobil

Proses Kerja Pembuatan dalam Sejarah Aki Mobil

Aki mobil sata ini sangat kompleks, dan jenisnya ada macam-macam. Ada aki konvensional, aki MF, dan aki hybrid. Semuanya ditemukan seiring dengan kemajuan sejarah aki mobil yang kian pesat.

Pembuatan dan proses kerjanya pun makin canggih dengan melibatkan teknologi terkini. Maka tak heran jika suatu pabrik aki bisa memproduksi jutaan unit pertahunnya. Dengan demikian, maka pemenuhan kebutuhan aki bisa tercukupi baik di Indonesia maupun dunia.

Untuk proses kerja pembuatan aki mobil sendiri, bisa dikerjakan dalam beberapa tahapan. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Tahap konversi logam campuran berupa antimony-timbal untuk diolah menjani panel
  2. Tahap konversi mengubah timbal murni menjadi tepung oksidatimbal. Konversi juga mengubah timbal menjadi pasta
  3. Tahap pengisian pasta
  4. Tahap pematangan panel
  5. Tahap pemberian muatan pada kisi aki
  6. Tahap pencucian aki
  7. Tahap pengeringan aki
  8. Tahap perakitan semua komponen menjadi produk aki siap pakai.

Dengan perkembangan sejarah aki mobil kini aki bisa diproduksi dalam jumlah masal dengan kuat arus yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Dalam proses pembuatan di atas, proses dimulai dengan pembuatan kisi-kisi atau disebut dengan grid. Grid berasal dari logam campuran yaitu antimony-timbal.

Anda perlu aki mobil merek Yuasa? silakan lihat di laman harga aki mobil Yuasa

Sedangkan untuk penggunaan timbal, sudah dipakai sejak jaman dulu. Saat ini timbal dikonversi menjadi bubuk timbal oksida dengan cara mekanis. Semua proses baru akan berakhir ketika aki mulai diberi muatan. Pelat-pelat yang ada dicuci dan dikeringkan guna menghilangkan sisa cairan sulfat. Untuk pelat negative dan positif dikeringkan secara khusus di dalam oven.

Proses terakhir adalah merakit semua komponen termasuk pelat-pelat. Melalui proses di atas barulah terbentuk aki yang kita kenal saat ini. Seluruh proses rangakaiannya dilakukan di pabrik pembuatan aki.

Aki Mobil Pertama di Dunia

Mengenal Timbal dalam Sejarah Aki Mobil

Dari awal sejarah aki mobil, telah dipakai dan dikenal timbal dalam perakitannya. Timbal sendiri merupakan logam dikenal dengan istilah Pb. Logam berat ini ada dalam lapisan kerak bumi.

Pb dalam kehidupan manusia sangat penting untuk industri. Seperti halnya pada industri pembuatan baterai, kabel, penyepuhan, pembuatan pestisida, dan digunakan sebagai zat anti letup pada bensin.

Lihat penawaran harga aki Delkor

Namun pada pembuatan aki, timbal ini sangat bahaya jika sampai terserap atau terhirup manusia. Karena bisa menyebabkan kerusakan fisik. Utamanya pada anak-anak.  Maka dalam setiap industri perlu pengawasan dalam proses pembuatannya agar tetap aman, khususnya bagi karyawan dan pekerja.

Selain timbal, ada pula pengunaan asam sulfat yang penting dalam sejarah aki mobil. Jenis zat asam ini snagat penting dalam pembuatan aki mobil dan motor. Bahkan bisa dikatakan bahwa zat ini adalah bahan dasar dalam pembuatan aki.

Beberapa Istilah-istilah Dalam Aki yang Perlu Kita Tahu

Beberapa Istilah-istilah Dalam Aki yang Perlu Kita Tahu

Istilah-Istilah Umum

Sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia otomotif, accumulator atau yang sering disebut dengan aki sudah masuk ke dalam industri yang besar. Maka dalam penggunaannya sehari-hari ada banyak istilah yang berhubungan dengan aki. Semuanya memiliki makna khusus yang berguna dalam kinerja bidang otomotif maupun dalam industri aki itu sendiri.

Beberapa istilah-istilah dalam aki akan disebutkan di bawah ini. Bagi yang bergelut di bidang otomotif tentu sudah tidak asing lagi.

Istilah-Istilah dalam Aki

  • CCA
    CCA atau Cold Cranking Current adalah suatu nilai yang menunjukkan arus dari baterai yang terisi penuh. Dengan nilai ini maka aki atau baterai dapat memberikan arus selama 30 detik pada 18 derajat celcius.
  • Kapasitas baterai
    Kapasitas baterai diartikan sebagai kemampuan sebuah baterai untuk memasok arus dalam jumlah tertentu dalam wkatu tertentu pula. Masing-masing jenis aki atau baterai memiliki kapasitas yang berbeda-beda.
  • Ampere
    Ampere adalah unit untuk pengukuran kuat arus listrik. Jadi, jika ingin mengukur kuat arus listrik yang dihasilkan oleh aki, maka nilai tersebut akan dinyatakan dalam istilah ampere.
  • Ampere Hour (AH)
    Inilah salah satu istilah-istilah dalam aki yang sering digunakan. AH adalah unit pengukurann untuk mengetahui kapasitas baterai. Dengan memakai unit pengukuran ini, maka kita bisa tahu banyaknya arus yang ada pada baterai yang diisi penuh.
  • Deep Cycle Baterai
    Istilah tersebut memiliki arti sebagai siklus baterai yang sengaja dirancang untuk memberikan arus yang stabil dalam jangka waktu tertentu.
  • Dry charged battery
    Istilah ini memiliki arti sebagai jenis baterai yang memiliki pelat positif dan negatif yang dibebankan pada larutan asam sebelum dirancang dan dirakit menjadi aki.
  • Elektrolit
    Dari banyaknya istilah-istilah dalam aki, elektrolit adalah istilah yang paling umum. Elektrolit adalah larutan encer dalam aki yang merupakan jenis cairan Asam Sulfat dan juga Air. Cairan ini adalah bahan utama dalam rangkaian aki, khususnya aki konvensional.
  • MF
    MF adalah Maintenance Free. Maksudnya, baterai atau aki tertentu dibuat sedemikian rupa hingga tidak butuh maintenance atau perawatan khusus. Untuk bisa digunakan, MF memiliki masa berlaku yang cukup lama tanpa perawatan yang ribet seperti aki konvensional.Lihat penawaran harga aki Yuasa

    Hampir mirip dengan aki kering, MF adalah baterai yang telah diisi dengan elektrolit di pabrik perakitannya dan siap pakai untuk kendaraan.

  • Over Discharge
    Dalam istilah-istilah dalam aki, dikenal juga  istilah charge, yaitu pengisian daya baterai. Sedangkan  over discharge memiliki makna sebagai proses pemakaian baterai yang telah melampaui cut off tegangan. Seharusnya pengisian maupun pemakaian baterai dipakai dengan bijak tanpa membuat aki cepat soak dan lebih pendek umurnya.
  • Separator
    Separator adalah pemisah. Dibuat khusus dari bahan yang kuat dan tak rusak terkena cairan asam. Bahannya berpori dan ditempatkan di antara pelat positif dan negatif. Dengan adanya separator ini, maka memungkinkan adanya arus yang mengalir tanpa kontak langsung antar pelat. Tanpa separator yang baik, maka kemungkinan hubungan pendek akan terjadi.
  • Short Circuit
    Dalam rangkaian aki, dikenal pula istilah short circuit. Istilah ini untuk menggambarkan adanya sambungan listrik yang tidak diinginkan yang terjadi antara piringan positif dan negatif dalam rangkaian aki.Jika sampai terjadi hubungan pendek, maka bisa merusak baterai. Selanjutnya peralatan listrik atau elektronik dalam kendaraan juga akan bisa mengalami kerusakan. Yang paling parah adalah mengalami kebakaran.
  • Volt
    Tentunya istilah volt sudah tidak asing lagi. Volt adalah suatu unit pengukuran untuk menyatakan nilai energi listrik yang digunakan dalam rangkaian listrik. Masing-masing jenis aki memiliki nilai volt yang berbeda. Ada yang hanya 2 volt, ada pula yang sampai 24 volt.
  • Hybrid
    Hybrid adalah jenis aki yang low maintenance atau perawatan rendah. Aki ini cukup praktis daripada aki konvensional. Beberapa kendaraan terbaru sudah memakai aki ini.
  • Pelat
    Pelat adalah lempengan. Dalam baterai atau aki, komponen ini termasuk komponen utama. Dalam rangkaian baterai ada pelat negatif dan positif yang memungkinkan arus listrik bisa terjadi.
  • Kutub
    Kutub adalah slaah satu komponen dalam rangkaian aki yang terdiri dari batangan-batangan timah dan atimon.
  • Penghubung antar sel
    Dalam aki, ada penghubung antara sel. Komponen ini dibuat dari timbal dengan penampang yang besar.
  • Timbal
    Timbal adalah logam berat yang dituliskan dalam Pb. Logam ini adalah salah satu komonen utama dalam aki.
  • Initial  Charge
    Initial charge berarti pengisian awal. Maksudnya adalah proses pembentukan sel baterai yang dilakukan pada baterai stationer yang hanya sekali saja dilakukan.
  • Recharging
    Recharging adalah pengisian kembali. Jika baterai mengalami pengosongan, maka harus dilakukan recharging.
  • Pengisian perbaikan atau treatment
    Treatment merupakan proses yang dilakukan untuk memulihkan kapasitas baterai yang berada pada posisi di bawah standar yang seharusnya.
  • Boost charge
    Boost charge adalah pengisian khusus, yaitu pemulihan terhadap baterai dengan cepat setelah adanya pengosongan yang drastis

Itulah beberapa istilah-istilah dalam aki yang perlu kita tahu. Selain istilah di atas, masih ada banyak lagi istilah dalam aki dan juga baterai. Bagi yang bekerja atau mempelajari otomotif, maka istilah tersebut sudah sangat akrab di dengar.

12