Otomotif

Mengenal Jenis-Jenis Aki dan Serinya

Jenis-jenis Aki Mobil Dan Motor yang Paling Sering Ditemui

Jenis-jenis Aki Mobil Dan Motor yang Paling Sering Ditemui

Salah satu elemen agar sebuah mobil atau sepeda motor bisa berfungsi normal adalah adanya baterai. Disebut juga dengan accu atau aki. Fungsi alat ini sangat vital. Apalagi untuk kendaraan yang sudah memakai teknologi terkini, seperti electronic control unit.

Lihat Penawaran jenis aki GS dari kami di link: Harga aki GS Astra

Secara umum, untuk jenis-jenis aki mobil dan motor ada dua yang dikenal secara umum, yaitu aki kering aki basah. Jaid, bagi yang memiliki kendaraan bermotor, penting untuk mengetahui kedua jenis aki tersebut. Masing-masing memiliki kelebihan dan keunggulannya untuk mesin kendaraan bermotor Anda.

Namun sebelum memahami lebih lanjut tentang jenis-jenis aki mobil dan motor tersebut, terlebih dulu kita akan mengenal apa itu aki sebenarnya.

Pengertian dan Jenis-Jenis Aki Mobil dan Motor

  1. Pengertian aki
    Aki adalah salah satu komponen dalam kendaraan bermotor. Alat ini fungsinya adalah mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Jadi, sebuah mobil atau sepeda motor bisa menghidupkan beberapa elektronik di dalamnya dengan daya aki ini, seperti  lampu dan juga elemen lainnya.Jenis-jenis aki mobil dan motor memiliki tenangan tersendiri. Untuk aki mobil, tegangan rata-rata yang dihasilkan adalah 12 volt. Berbeda dengan aki motor. Untuk kendaraan ini, ada tiga jenis tegangan yang biasanya ditemui. Ada yang memiliki tegangan 12 volt, 9 volt, dan 6 volt.Selain itu, ada jenis aki yang bisa discharge kembali jika muatannyasudah habis. Jenis aki ini biasa dipakai untuk menyalakan perangkat seperti radio atau tape. Tegangan yang dimiliki adalah 3, 6, 9 dan 12 volt. Besarannya berbeda-beda.

    Pada umumnya, jenis-jenis aki mobil dan motor yang ada berupa accumulator timbal. Dalam rangkaiannya, ada dua kumpulan plat yang ada di dalam larutan asam sulfat. Kedua plat dibuat dari timbal. Agar tidak saling menyentuh, maka digunakan pembatas berupa isolator dalam rangkaian aki.

  2. Jenis-jenis aki mobil dan motor
    Masing-masing jenis aki memiliki cara kerja berbeda. Jenis-jenis aki mobil dan motor yang paling sering ditemui di pasaran adalah aki kering dan basah. Meskipun, jenis aki basah adalah yang paling sering dipakai, khususnya untuk sepeda motor.
    Untuk aki basah, agar tetap bisa digunakan, maka perlu diisi ulang dengan accu zuur jika sewaktu-waktu cairan aki habis. Untuk  jenis aki kering, di dalamnya tidak memakai cairan untuk rangkaiannya. Selain dapat diisi ulang, aki ini juga tahan akan getaran dan juga suhu rendah.

Di dalam kedua jenis aki tersebut,terdapat sel penyimpanan arus yang terdapat asam sulfat. Pada rangkaian aki juga ditemui dua plat, yaitu positif dan negative yang ditempatkan pada batang penghubung. Untuk plat positif, di dalamnya terdapat timbal coklat. Untuk plat negative di dalamnya ada timbal (Pb).

Penawaran merek aki mobil Delkor: Harga Aki Delkor

Komponen Jenis-jenis Aki Mobil dan Motor

Accu (accumulator) yang sering disebut dengan istilah aki adalah komponen penting dalam sebuah kendaraan bermotor saat ini. Bahkan sebuah mobil butuh daya dari aki untuk bisa hidup. Untuk komponen aki yang paling penting adalah timbal dan belum ada alternatif penggantinya.

Untuk bisa digunakan, dalam jenis-jenis aki mobil dan motor di dalamnya terdapat berbagai komponen penting. Semuanya bekerja untuk mengubah energi kimia menjadi energi listrik hingga mobil maupun sepeda motor bisa dipakai.

Berikut inilah beberapa komponen dalam accu atau aki:

  • Pelat
    Pelat di dalam aki dipasang sedemikian rupa hingga bisa menahan getaran yang bisa terjadi. Hal ini juga bisa menghindari adanya kemungkinan retak dan perubahan bentuk berbagai komponen di dalamnya. Masing-masing pelat ini ditanamkan sangat kokoh dengan persyaratan yang sudah ditetapkan hingga sesuai dengan standar.
  • Penyekat
    Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pada jenis-jenis aki mobil dan motor terdapat  penyekat yang fungsinya sebagai isolator. Bahan untuk penyekat ini tahan terhadap cairan asam dalam aki hingga tidak akan terkikis maupun rusak seiring berjalannya waktu.Pemisah ini bukan hanya sebagai isolator, namun juga dibuat sedemikian rupa hingga jenis baterai acid ini mudah beredar. Saat unsur-unsur utama dalam aki ini saling berinteraksi, maka akan terbentuk arus listrik.
  • Kutub
    Kutub pada aki dibuat dari timah dan juga antimony. Kutub ini bentuknya batang-batang dan diletakkan sebagai komponen penting di dalam aki.
  • Wadah dan tutup aki
    Wadah dan tutup memiliki peran yang penting. Bahan yang dipakai juga bukan bahan sembarangan karena harus tahan terhadap getaran, tidak mudah retak dan bisa tahan terhadap cairan asam. Bahannya kuat dan tidak mudah pecah.
  • Sumbat
    Untuk sumbat ini sendiri, ukurannya beragam. Ada yang memiliki diameter ulirnya 18mm, 22 mm, 30 mm, dan ada pula yang 22 mm.
  • Penghubung antar sel
    Pada jenis-jenis aki mobil dan motor terdapat komponen penghubung antar sel yang  terbuat dari timbal juga. Fungsinya adalah untuk mengalirkan arus pelepasan tinggi.
  • Seal
    Seal disebut juga bahan perapat. Bahannya kuat dan tahan terhadap cairan asam.
  • Elektrolit
    Pada penggunaan aki motor maupun mobil, elektrolit harus memenuhi tingkat kemurnian standar. Dengan demikian, maka fungsi aki dapat maksimal untuk semua jenis kendaraan.

Maintenance Free (50)

Aki Konvesional (79)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *